Cara Membedakan Jenis Batu Akik Blue Safir Asli Dan Palsu

Cara membedakan jenis batu akik Blue Safir asli dan palsu relatif mudah. Batu akik ini sangat populer dengan penggemar yang sangat banyak. Warna birunya yang sangat cantik akan membuat siapa saja terpikat saat melihatnya. Tak heran kalau jenis sintetisnya sangat banyak dijumpai di pasaran. Guratan putih di dalam batunya sangat unik dan menjadi ciri khas keaslian batu tersebut. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai batu cincin saja, tapi sering dimanfaatkan sebagai liontin kalung, gelang dan sebagainya.

Sebagai ciri khas keasliannya, guratan berwarna putih pada batu ini terlihat tidak teratur. Tapi pada batu akik Blue Safir yang palsu, guratannya nampak sangat rapi layaknya garis-garis. Warna dari batu Blue Safir asli juga tidak begitu biru dan putih. Sehingga bisa dibandingkan dengan batu Blue Safir imitasi atau palsu. Batu Blue Safir yang asli memang sudah memiliki guratan secara alami. Namun batu sintetis yang hasil pembuatan di laboratorium tertentu tetap memiliki guratan tapi terlalu rapi.

Cara lain mengecek keaslian dari batu akik ini adalah memakai kaca pembesar. Pada guratan di batu aki Blue Safir asli hanya dapat terlihat dengan kaca pembesar. Karena bisa melihat ukuran batu tersebut hingga 20 kali lipat. Sedangkan jenis Blue Safir palsu sudah bisa terlihat guratannya, tanpa menggunakan kaca pembesar. Sehingga dengan mata telanjang saja sudah bisa melihat guratan putih di dalamnya.






0 Komentar untuk "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Blue Safir Asli Dan Palsu"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top