Cara Merawat Jenis Batu Akik Yang Baik

Cara merawat jenis batu akik yang baik bisa menempuh beragam metode. Tujuan perawatan ini adalah agar baru semakin mengkristal, berkilau dan berkualitas. Dengan begitu, bisa semakin meningkatkan kualitas dan harga jualnya. Saat ini demam batu akik masih melanda masyarakat Indonesia. Kesempatan dimanfaatkan banyak penggemar dan penjual batu akik mendapatkan keuntungan, hingga miliaran rupiah. Apa saja rangkaian perawatan yang bisa dilakukan?

Mencuci dengan air sabun

Air sabun sangat diandalkan dalam membersihkan batu akik. Setelah itu bisa dikeringkan memakai kain halus dan menggosoknya dengan lembut dan perlahan. Agar batu lebih kering sempurna, batu bisa diangin-anginkan. Cara ini bisa diterapkan pada bongkahan dan juga yang sudah dipoles menjadi batu cincin.

Jangan menjemur batu akik di bawah terik matahari langsung

Anjuran perawatan tersebut terutama berlaku bagi batu akik yang tingkat kekerasannya sangat rendah. Sehingga bagu akan mudah mengalami keretakan dan bahkan mengalami pecah. Perubahan warna juga akan semakin buruk. Dengan demikian, pastikan tingkat kekerasan batu  sangat tinggi kalau ingin menerapkan perawatan dengan pancaran sinar matahari langsung.

Jangan sampai terbentur benda keras

Keindahan batu akik bisa berkurang, karena terbentur atau tergores  benda keras. Seperti kayu, batu, besi dan benda lainnya. Mungkin tindakan tersebut tidak dilakukan dengan sengaja, seperti sedang tidur, berolahraga, berbenah, bekerja, berkendara dan berbagai aktivitas lainnya. Kalau memang aktivitas yang dilakukan sangat beresiko mengakibatkan kerusakan batu akik, sangat disarankan untuk melepasnya terlebih dahulu saat menjalankan berbagai kegiatan tersebut.







0 Komentar untuk "Cara Merawat Jenis Batu Akik Yang Baik"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top